Hamba Tuhan
Login





Lost Password?
No account yet? Register
Follow Us on Twitter
Find Us on Facebook
Shalom, bagaimana kabar Anda hari ini? Silahkan login atau register.
Membahas Perang Armageddon PDF Print
User Rating: / 67
PoorBest 
Wednesday, 26 September 2007

ARMAGEDDON
Armageddon disebutkan sebagai PERANG DUNIA YANG TERAKHIR.Perang ini akan terjadi di Israel sehubungan dengan kedatangan Tuhan Yesus yang ke 2.
Ayat-ayat yang menjelaskan Perang Dunia Terakhir ini adalah:
Daniel 11:50-45
Joel 3:9-17
Zacharia 14:1-3
Wahyu 16:14-16.
Lokasi ini ada di Israel Utara kira2 38 KM sebelah tenggara kota Haifa dan 90 KM sebelah utara kota Jerusalem.Lokasi ini pernah tercatat di Alkitab sebagai lokasi pertempuran Barak vs Kanaan ( Hakim-hakim 4 ) dan Gideon vs Midian ( Hakim-hakim 7 ).

APAKAH ARMAGEDDON ITU?
Kata "Armageddon" berasal dari bahasa Ibrani yaitu Har Mageddon.
"Har" artinya Bukit.
"Mageddon" artinya reruntuhan kota kuno bernama Megiddo yang berada di Lembah Esdraelon disebelah utara Israel.
Manurut Alkitab,sejumlah pasukan dalam kekuatan yang besar dari barat dan timur Jerusalem akan bersatu untuk menyerang Jerusalem. Antichrist akan menghancurkan tentara dari selatan yang mengancam kekuasaan Antichrist dan Antichrist ini juga akan menghancurkan Babylon di timur sebelum Antichrist sendiri yang akhirnya akan mengerahkan kekuatannya ke Jerusalem. Pada saat Antichrist mengerahkan kekuatannya menuju Jerusalem, Tuhan Yesus sendiri yang akan datang dan menghancurkan Antichrist, menolong bangsa Israel. Wahyu 19:11-21.

 

APAKAH TUJUAN ARMAGEDDON?
Mempersiapkan Kerajaan 1000 tahun di bumi yang akan dipimpin oleh Tuhan Yesus sendiri.Wahyu 20:1-6.

KAPAN PERANG ARMAGEDDON AKAN TERJADI?
Alkitab mengatakan bahwa perang ini akan terjadi SETELAH RAPTURE para mempelai Kristus dan PADA AKHIR 7 TAHUN TRIBULATION. Jadi sebelum Perang Armageddon harus terjadi dulu RAPTURE. Setelah RAPTURE, Israel akan mengadakan Perjanjian Damai dengan Antichrist selama 7 tahun. Dan pada pertengahan 7 tahun ( 3,5 tahun yang kedua ), Antichrist akan menindas Israel, dan akhir dari 7 tahun akan terjadi Perang Armageddon. Perang dalam Wahyu 16:14 dalam bahasa Yunani adalah POLEMOS yang artinya adalah perang yang panjang, bukan perang 1 atau 2 hari.

SIAPAKAH YANG AKAN TERLIBAT DALAM PERANG ARMAGEDDON?
Alkitab mengatakan semua bangsa dunia akan bersatu untuk melawan Israel.
Zacharia 12:3
Zacharia 14:2
Wahyu 16:14
Salah satu bangsa yang disebutkan di Alkitab adalah raja-raja dari timur, Wahyu 16:12, yang akan menyeberangi sungai Euphrat. Banyak yang mengartikan kekuatan dari timur ini adalah Cina dan India. Karena saat ini perekonomian mereka saat ini sedang meledak dan untuk menggerakkan perekonomian ini dibutuhkan 1 hal yaitu MINYAK. Dan hanya satu tempat di dunia ini yang kaya akan minyak yaitu Timur Tengah.

APAKAH TAHAPAN-TAHAPAN NYA DALAM PERANG ARMAGEDDON?
Ada 8 tahap:
1. Pengumpulan kekuatan Antichrist. Yoel 3:9-11,Mazmur 2:1-6,Wahyu 16:12-16.
2. Penghancuran kota Babylon, Yesaya 13-14,Yeremia 50-51,Wahyu 17-18.
3. Jerusalem jatuh, Mika 4:11-5:1,Zacharia 12-14.
4. Kekuatan Antichrist di Bozrah, Yeremia 49:13-14.
5. Regenerasi Israel, Mazmur 79:1-13,Yesaya 64:1-12,Hosea 6:1-13, Yoel 2:28-32,Zacharia 12:10,Zacharia 13:7-9,Roma 11:25-27.
6. Kedatangan Tuhan Yesus yang ke 2,Yesaya 34:1-7,Yesaya 63:1-3, Habakuk 3:3,Mika 2:12-13.
7. Perang dari Bozrah sampai ke Lembah Jehoshaphat, Yeremia 49:20-22,Zacharia 14:12-15,Yoel 3:12-13.
8. Kemenangan di Bukit Zaitun, Zacharia 14:3-5,Yoel 3:14-17, Matius 24:29-31,Wahyu 16:17-21,Wahyu 19:11-21.

APA YANG TERJADI SETELAH PERANG ARMAGEDDON?
Tuhan Yesus akan menghancurkan kekuatan-kekuatan dunia yang ingin melawan Tuhan dan setelah itu Tuhan sendiri yang akan memerintah di bumi ini dari Jerusalem untuk 1000 tahun.

BIBLIOGRAPHY
Dyer Charles,World News and Bible Prophecy;Tyndale House,1991.
Feinberg Paul,The Mideast March to Megiddo;Harvest House Publisher,1997.
Fruchtenbaum Arnold,Footstep of The Messiah;Ariel Press,2003.
Hindson Ed,Approaching Armageddon;Harvest House Publisher,1997.
Jeffrey Grant,Armageddon,Appointment with Destiny;Bantam Books,1991.

Mengenai apa yang terjadi setelah RAPTURE dan sebelum Perang Armageddon adalah perang antara Israel melawan Gog,Yehezkiel 38-39.
Dari pasal ini dapat kita pelajari bahwa:

Rosh = Russia,lihat terjemahan New American Standard Bible.
Magog = Asia Tengah
Mesech = Turki
Tubal = Turki
Persia = Iran
Ethiopia ( Cush ) = Sudan
Put = Libya
Gomer = Turki
Beth Togarma = Turki

Yang menjadi pimpinan dari Gog ini adalah Russia bersama sekutu terdekatnya yaitu Iran.Kalau kita melihat situasi terakhir ini, Hezbollah merupakan partai yang berkiblat pada Islam Shiah didikan rezim Teheran Iran. Jadi secara tidak langsung, Iran sedang menguji kekuatan Israel sebelum nanti bersama Russia mereka akan menginvasi Israel.

Tetapi bagaimana nasib bangsa Israel?
Tuhan Yesus sendiri yang akan menyelamatkan Israel. Dapat dibaca di Yehezkiel 38:18-18-23.
Tuhan sendiri yang melawan bangsa Russia dan sekutu-sekutu Islamnya dan perlu waktu 7 bulan untuk membersihkan sisa-sisa perang ini, Yehezkiel 39:12.

Perang ini adalah Perang Dunia ke 3 yang akan terjadi sesudah RAPTURE. Setelah Perang Dunia ke 3 ini, dunia masih akan menghadapi perang besar yang terakhir yaitu Perang Armageddon.

Jadi masihkah kita suam-suam kuku ikut Kristus?
Persiapkan diri kita menjadi mempelaiNya yang bijaksana, BACK TO BIBLE, karena kita tidak tahu kapan RAPTURE itu.

Tuhan Yesus berkata tentang Hukum yang terutama di Matius 22:37-39.
Nomor 1 adalah Kasih kita kepada Tuhan dengan segenap hati, jiwa dan akal budi.
Nomor 2 adalah Kasih kita kepada sesama manusia seperti kita mengasihi diri kita sendiri.

Jadi urutannya adalah no.1 dulu baru no.2.....JANGAN DIBALIK.
Karena kadang kita sebagai manusia sering tidak sadar kita telah membalik hukum itu menjadi no 2 dulu baru no 1 karena alasan toleransi/sungkan/segan.

Tuhan Yesus memberkati
Shalom

Comments
Add NewSearch
kevin   | 03-01-2011 23:17:41
kita harus mempersiapkan diri dari sekarang mau kapan pun itu yang penting kita sudah SIAP
coky - kesalahan   | 16-01-2011 05:35:14
israel it bangsa yahudi nabi isa sendiri yg bakal hancurin mereka..., n satu hal yg nolong israel bkan yesus/ atau nabi isa tpi al masihudajjal...., sya sendiri dah pastiin itu di semua kitab... da ada salah satu kitab yg berbeda pendapat... atau beda... alur ceritanya
asan - ngimpi X.............   | 16-01-2011 19:20:20
boleh aja nt ngimpi gtu....
tapi nt akan kecewa setelah nanti mimpi nt g terbukti....
KACIANN DEH>>>>>>
asan - ngimpi..........   | 16-01-2011 19:35:14
wah ngimpi disiang bolong...............
tapi g pa2 lah nt ngimpi begitu.
tapi nt nanti nya akan menangis n menyesal karna nt bukan seorang muslim......
Ewiak Ryszard - Apa yang Alkitab katakan?   | 21-01-2011 02:23:34
Alkitab mengatakan: "Pada waktu yang ditetapkan, [raja negeri = Rusia] akan kembali balik." (Daniel 11:29a) Ini juga berarti disintegrasi Uni Eropa dan NATO.

Daniel 11:29b,30a = Matius 24:7 = Bilangan 24:23,24 = Wahyu 6:4 = Perang Dunia Ketiga. "Pedang yang besar" = pedang nuklir. Ini akan tidak Armageddon. Ini akan menjadi "awal dari rasa sakit lahir". (Markus 13:8)

Daniel 11:31 = Matius 24:15. "Kekejian yang membinasakan" = "binatang buas" = Pemerintahan Dunia. (Wahyu 13:1,2,7b)

Daniel 11:40-43 = Matius 24:29 = Wahyu 6:12; 13:3 = Perang Dunia Keempat.
Law - Kalian lah para orang2 yg rugi   | 26-01-2011 03:50:35
Sesungguhnya musuh trbesar bagi kaum muslim adalah Dajjal..
Dan tidak akan ada yesus ke 2 yg akan menolong para yahudi, melainkan Nabi Isa as dan Imam Mahdi yg akan menjadi juru selamat bagi kaum muslim. Berbahagialah bagi para kaum muslim.
hyda - re:dalam kitab isla kitab apak   | 03-10-2011 23:21:46
kevin wrote:
kita harus mempersiapkan diri dari sekarang mau kapan pun itu yang penting kita sudah SIAP
Anonymous   | 02-02-2011 08:45:07
yang penting siapin hati aja broo buat kedepann~kita g tau kapan TUHAN akan dateng k2 kali nya~lakukanlah kebenarannya aja sekarang yang penting^^
^^ - fokus   | 02-02-2011 08:46:26
kita tidak tau kapan TUHAN akan datang k2 kalinya,tapi yang penting kita lakukan aja kebenaran nya dan siap kan hati kita lebih untuk nya^^~
Makhluk Tuhan - Anak Tuhan   | 03-02-2011 23:09:22
ada dua penyebab orang sulit menerima kebenaran: Bodoh atau Sombong. Yahudi diberi kelebihan oleh Tuhan. Yahudi tau betul bahwa Tuhan itu hanya satu, tapi dia keras kepala dan sombong/ingkar, maka dikutuklah oleh Tuhan. Sedangkan Kristen menganggap Yesus sebagai tuhan karena logika bahwa Yesus itu tidak memiliki bapa, terus dianggap sbg anak Tuhan. Tanggung amat, kenapa gak Adam aja yg dianggap anak Tuhan? Kan Adam gak punya Bapak dan Ibu. Lebih lengkap kan? Yesus kan masih punya Ibu! Saya mau tanya, di pasal berapa yg mengatakan bahwa Yesus telah mengklaim dirinya sebagai Tuhan? dan Kapan itu terjadi?
pey - peace   | 05-02-2011 10:05:20
kenapa harus meributkan hal ini, yakinlah kepada apa yang anda2 yakini, karena keyakinan bukan untuk d perdebatkan
agamamu jadilah agamamu, dan agamaku jadilah agamaku.
biarlah mereka berjalan d koridornya sendiri
tentang perang,..........
hanya orang sinting yang menyukainya
hidup damai itu indah ''bhineka tunggal ika"
sepengetahuan saya nabi muhamad saw bukan manusia yang berambisi untuk perang dan yesus pun lebih rela menderita dari pada dia melawan(berperan) sadar bro.
hanya orang gila yang menerjemahkan kitabnya bakal terjadi perang
___________peace broooo______________
rudy - peace   | 21-03-2011 22:47:19
gk perlu rbt soal agama..mana yg bener mn yg salah..keyakinan adalah u/msng2 org.
YOEL - PERSIAPKAN DIRI   | 25-03-2011 23:27:16
intinya agama tdk mnyelamatkan spapun, tetapi imanmulah yang menyelamatkan kamu,.. percayamu,.. pada Tuhan Yesus. tanda2 sdh smakin nyata,.. smw nubuat kitab sdh trjadi. masih mw ada prbedaan pndpat????....... saatnya untk prsiapkan dri,, slmatkan gnerasi ini. Tuhan memberkati.
Bless - LEBIH DARI PEMENANG   | 30-03-2011 19:53:47
I LOVE YOU JESUS

semua mendapatkan kesempatan utuk di selamatkan.

mka dr itu persiapkan tu semua

YESUS ADALAH TUHAN dan JURUSELAMAT manusia

Bless You All
doni - My Jesus   | 25-04-2011 02:10:49
Yesus adalah Tuhan dari segala Tuhan dan raja dari segala Raja jadi kenapa harus takut? aku yakin dia senantiasa melindungi... Amin :) :) :)
Sidharta - Hebat ya   | 28-04-2011 19:11:38
Mengapa menjadi sebuah kebanggaan tentang ramalan akan terjadinya perang?
padahal perang sesungguhnya telah terjadi.

Perang, tidak harus diartikan secara fisik. Perang yg telah terjadi sekarang adalah perang pengetahuan. Tanda2 dan ramalan2 dalam kitab2 yang ada adalah pengingat dan penanda untuk kaum di masanya dan tidak harus diartikan harfiah.

Perang akhir zaman bukan harus perang agama, perang akhir zaman adalah perang kebenaran melawan keburukan. Segala hal yg baik akan melawan segala hal yg buruk. Tidak memandang agama apapun kita.

Semua agama pada intinya mengajarkan kabajikan dan hanya orang yg amat jahat yg mengibarkan bendera perang dengan membawa nama agama. Fakta membuktikan, perang tidak pernah karena agama. Tetapi perang karena ego manusia dan membawa nama agama agar lebih legal, heroik dan memiliki arti bagi pengikutnya. Jika ada agama yg tidak membawa kebaikan dan memerintahkan untuk perang, pasti ada manusia2 yg egois dan jahat dibelakangnya.

Jadi ingat. Jaga selalu perdamaian, karena agama apapun anda. agama anda tidak pernah mengajarkan untuk perang.
melki fadli B. - Waktunya Tuhan   | 11-05-2011 07:25:54
Alkitab telah mencatat smuanya dan pasti akan digenapi.. Berjuanglah dalam iman selagi waktu itu masih Tuhan brikan ...karena "Bagiku Hidup Adalah Kristus dan Mati adalah keuntungan" filipi 1;21..Tuhan Yesus Memberkati..
the ashuer - jog ngapeki lahh..,,   | 12-05-2011 09:22:29
we ogg uapekii..,,men tooo
wkwkkwkw

we ruweett we mestiii..,,
martinus - 2 ?   | 17-05-2011 02:23:48
mangnya tuhan yesus ada 2 tho,,,waduh jadi bingung nh ikut yesus yang mana yak ? ikut yang pertama ajalah ....ah ga jadi miskin amat baju g pake...ikut yang kedua aja tp belum kenalan ntar dia cuek lg .....jd malu dah gw....mendingan ga usah ikut ikutan dah mendingan ngaku jadi tuhan aja,,bisa ngatur perdamaian
love Yesus - kasian kamu yang buta   | 15-07-2011 13:25:42
:dry: kasihan sekali kamu yang buta dan sombong........kiranya hatimu dipenuhi damai dan kasih dan mata hatimu diberi terang......agar nafsu jahat di dirimu musnah.............kasihan kamu tdk kenal Yesus raja segala raja, Tuhan diatas semua allah...........The Only True Creator.....
umaes - inilah armagedon   | 13-07-2011 06:12:51
Abad 21 telah menjadi puncak peradaban manusia dengan ditemukannya berbagai bentuk teknologi modern. Dimulai dari revolusi industri hingga lahirnya era komputer, maka seluruh kepentingan manusia dapat terpenuhi dengan mudah. Hanya dengan menekan tombol berwarna, maka yang sempit bisa menjadi luas, yang jauh bisa menjadi dekat, yang gelap bisa menjadi terang, yang dingin bisa menjadi hangat dan seterusnya.

Abad 21 juga telah menjadi zaman keemasan industri seluruh manusia, abad global yang membuat seluruh penduduk dunia bagai sebuah desa kecil. Melalui jaringan kabel dan gelombang elektromagnetik, setiap orang bisa dengan mudah mengakses apapun informasi dan semua kebutuhannya. Benar-benar sebuah era yang sangat memanjakan sekaligus membuat banyak manusia menjadi sangat ketergantungan.

Namun demikian, tahukah anda bahwa kelak seluruh teknologi modern itu hanya akan menjadi kenangan?

Tahukah anda bahwa kita akan kembali ke abad kegelapan yang hidup tanpa penerangan?
Tahukah anda bahwa kita akan kembali ke zaman
Nur - buka mata, buka telinga dan bu   | 07-08-2011 04:42:53
liat saja nanti kenyataannya....
DEWI MATAHARI - STOP   | 18-08-2011 00:01:21
:( UDAAH JANGAN TERUS RIBUT SOAL SAPA YG BENER.
JGN SUKA RIBUT AGAMA MANA YG PALIH BAGUS,Pling bAIK,
MENDING NGACA DULU GUYS...........APAKAH KALIAN UDAH BENER..........

KALO DI ANTARA KALIAN YG SUKA RIBUT UDAH ADA YG BENER TANPA PERNAH MELAKUKAN DOSA,
NAH BARU LOE MENILAI AGAMA N KITAB APA YG TERBAIK.

TAPI KALO LOE MASIH PUNYA BANYAK DOSA ,,,,,,,,,,, :angry: MENDING YOU NGACA AND BENERIN SIFAT LOE DULU DEH
scaptzerz   | 27-09-2011 05:55:37
wah wah lagi lagi ada kk anonymous.jumpa lagi kk ^^

ehhh ehhhh apa dh lagi" ributin agama mana yg paling bener...mw tw siapa di dunia ini yang paling bener??? ALLAH KITA YG ADA DI SURGA..DIA lah jalan KEBENARAN dan hidup.

memegang sebuah agama atau kepercayaan,tapi tak di cermin kn dalam kehidupan,sama aja dosa loh..saya bkn sok tau atau sok suci lh y,mending kalian pikir kembali,mengapa kalian meribut kn hal ini.sepele skali saya menanggapi ini:pengikut setan atau pengikut ajaran sesat pasti senang melihat pertarungan mulut antara islam~kristen.jika udh kyk gini,mereka mudah tuh ngalahin umat manusia beragama satu per satu.amiiitaba..akakakakakakakak.

otak manusia mana mampu kyk Tuhan,jadi jangan membangga kn diri dulu yg mana yg ajaran nya paling benar.

ini lagi,pake ga mngakui Yesus,ehh Yesus itu lah ISA ALMASIH.sampean kok masih ngotot Isa Almasih bkn Yesus sih?? masih ga percaya y?? itu tanda anda cuma mengamati dan percaya pada 1SUMBER kalian saja yaitu AlQuran.kalian aja klo baca AlKitab tu mgkin mau tak mau aja,klo misalnya ada baca pun paling ga di cermati atau di pahami.jadi tetap mau ngrasa paling bnr.itu sifat sombong lho.jadi kalian tidak tau makna dan arti nya.
saya akhiri aj y.jgn pernah perdebat kn lagi konspirasi islam~kristen.Tuhan marah liat umat nya kelai.kalian berjihad pun klo tetap salah paham tetap aja dosa.
kebenaran yang pasti itu hanya ada pada Tuhan.dia perancang dari semua skenario dunia
Empowering Smart Generation - belajar dan belajar baru menil   | 02-10-2011 04:29:48
yoi doi toi

"pengikut setan atau pengikut ajaran sesat pasti senang melihat pertarungan mulut antara islam~kristen.jika udh kyk gini,mereka mudah tuh ngalahin umat manusia beragama satu per satu."

jangan2 yang suka mengadu domba pengikut ajaran sesat... iihhh seremm..

"ini lagi,pake ga mngakui Yesus,ehh Yesus itu lah ISA ALMASIH.sampean kok masih ngotot Isa Almasih bkn Yesus sih?? masih ga percaya y?? itu tanda anda cuma mengamati dan percaya pada 1SUMBER kalian saja yaitu AlQuran.kalian aja klo baca AlKitab tu mgkin mau tak mau aja,klo misalnya ada baca pun paling ga di cermati atau di pahami.jadi tetap mau ngrasa paling bnr.itu sifat sombong lho.jadi kalian tidak tau makna dan arti nya."

dongeng pd jamannya kan beda2 menurut bahasa dan gaya kehidupannya.. tapi kalo diperhatikan mirip ko, mariam diberi benih yang tidak terkena tangan Iblis.. masa masi keras kepala juga.. daripada debat, mendingan saling ingetin waktu sembahyang masing.. Kalo muslim punya tetangga.. tanya gitu pas minggu" ngga ke gereja pak?.. kalo yg kristen/Chatolic " sudah sholat".. adduuhh.. pasti tenteram dan Tuhan pun tersenyum :)
Empowering Smart Generation - belajar dan belajar baru menil   | 30-09-2011 06:33:12
Saya setuju banget dengan "Pey-peace"

"agamamu jadilah agamamu, dan agamaku jadilah agamaku." quote dr al-quran kan yah

tentang perang,..........
hanya orang sinting yang menyukainya
hidup damai itu indah ''bhineka tunggal ika"
sepengetahuan saya nabi muhamad saw bukan manusia yang berambisi untuk perang dan yesus pun lebih rela menderita dari pada dia melawan(berperan) sadar bro.
hanya orang gila yang menerjemahkan kitabnya bakal terjadi perang

budiksn - forb people   | 18-11-2011 19:33:56
dia baik mengerti apa yang harus silakukan aku pun takut semua kan nista marilah kita rasakan apa yang patut kita rasa kan .san coba tuk sihayati artinya perang
Ezranic   | 19-11-2011 21:56:36
wahhhh bagus sekali perang armageddon itu akn muncul n akhir zaman ini sekarng ini akn dtang sdh di ambang pintu . segeralah Tuhan Yesus itu datang lebih cepat Kita i ambil n masuk sorga serta ngk ada lg orang jahtkg yg menindas manusia baik n tdk ada penderitaan di hidup ini . yag ceptlh Tuhan yesus datang Makin lebih bgskc . Tuhan dtg lh segera
ikhin - ya dijaga diri kalian masing2   | 30-11-2011 14:05:40
lakukan yang kalian percayai
ciputra fernandez - just bealive   | 06-12-2011 07:36:56
semuanya hanya argument manusia tergantung kita...
yang dimaksud israel di situ adalah israel dunia...
tapi orang percaya mengatakan kita adalah israel pilihan Allah yang akan di angkat sebelum peperang bahkan dunia di bumi hanguskan...
jadikan diri kita pelajaran...
lebih baik kita mengerti dari pada kita ikut-ikutan jadi bawaannya fanatik...
JBU
evon - i belive   | 15-01-2012 08:33:00
janganlah hendaknya kerajinanmu kendor...
percaya kepada Tuhan dengan segenap hati
Syalom

Haleluya
yos - NUBUATAN ALKITAB   | 13-02-2012 21:07:26
keadaan dunia sudah mengarah kesitu " armageddon " ...semua pasti terjadi...
terima kasih Tuhan ,rencanaMu indah...
pdt rolly rorong - prang armagedon   | 03-04-2012 04:53:52
byk simpang siaur dlm menafsir ttg Armage- don,prang armagedon adalah prang karena manusia melawan kedatangan Tuhan,krn antikris tlh mengumpul raja-raja semua di Yerusalem sebab yerusalem menjadi pusat pemerintahan antikris selama 3,5 thn dan Tuhan turun di bukit saitun maka terjadi prang yg disebut armagedon.Sebab Tuhan turun menangkap antikris dan nabi palsu ditangkap hidup-hidup langsung dibuang ke naraka.membelenggu iblis selama 1000 thn.silakan ke safariministry.wordpress.com.salin melengkapi.
insan   | 23-08-2012 08:38:44
:0 ah pusing debat kusir yakini apa yg kita yakini aja
Write comment
Name:
Subject:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Security Image
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
 
< Prev   Next >