Hamba Tuhan
Login





Lost Password?
No account yet? Register
Find Us on Facebook
Shalom, bagaimana kabar Anda hari ini? Silahkan login atau register.
Tri Tunggal Maha Kudus PDF Print
User Rating: / 29
PoorBest 
Monday, 15 July 2013

TRITUNGGAL MAHA KUDUS

Sebagai orang Kristen, kita pasti sudah mengenal istilah ‘Tritunggal Maha Kudus”….

Bahkan non Kristenpun sebagian besar sudah pernah mendengar istilah tersebut.

Pada saat orang mendengar istilah ”Tritunggal Maha Kudus”, maka pengertian yang pertama kali muncul adalah itu istilah untuk Tuhan orang Kristen. Pengertian selanjutnya akan tergantung pemahaman masing-masing orang, antara lain sebagai berikut:

Untuk kalangan non Kristen akan berpikir bahwa Tuhan orang Kristen ada 3 Tuhan dan mereka akan bingung dengan istilah Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus.....

Respon sebagian dari mereka adalah memberikan argumen kalau Allah itu tidak diperanakkan dan tidak memperanakkan.....Sebagian lagi mungkin keep silent...no comment!!!!!

Untuk kalangan Kristen, guna memahami pengertian ”Tritunggal Maha Kudus” berbagai kalangan, baik para Sarjana Theologia, Pendeta, maupun kaum awam mencoba menjelaskan dengan berbagai cara dan pengertian, antara lain seperti berikut ini:

  1. Tritunggal Maha Kudus itu seperti air yang memiliki 3 wujud yaitu zat padat (es batu), zat cair (air) dan Zat gas (uap).....namun tetap 1 yaitu air
  2. Tritunggal Maha Kudus itu seperti seorang lelaki yang memiliki berbagai peran, yakni sebagai suami, ayah, karyawan....namun tetap 1 orang yang sama.
  3. Tritunggal Maha Kudus itu seperti uang yang memiliki berbagai bentuk, seperti uang fisik, kartu ATM, dan kartu kredit/debit.....namun tetap disebut uang.....
  4. dan sebagainya.

Untuk menambah pengertian akan istilah ”Tritunggal Maha Kudus”, penulis akan menjelaskan dengan pendekatan yang lain...semoga tulisan dibawah ini dapat menambah pengertian para pembaca akan ke Tritunggalan Allah kita dan akhirnya akan menambah iman percaya kita kepada Tuhan Yesus yang sebenarnya adalah Allah Pencipta Alam Semesta itu sendiri.

Berdasarkan ayat yang tertulis pada Kejadian 1:26....Berfirmanlah Allah: ”Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Dari ayat tersebut diatas, sudah jelas, bila Allah menggunakan kata ”Kita” yang berarti jamak sewaktu menciptakan manusia melalui perkataanNYA....

Mahkluk seperti apa yang diciptaNya....??? Mahkluk yang segambar dan serupa dengan Allah dalam arti jamak......itulah Manusia.

Sewaktu menciptakan tumbuh-tumbuhan serta binatang didarat, dilaut dan diudara, Allah tidak mengucapkan kata “Menurut gambar dan rupa Kita”......

Jelas disini, manusia adalah segambar dan serupa dengan Allah Pencipta dalam arti jamak. Sebagai manusia, penulis lalu berpikir, saya segambar dan serupa dengan Allah Pencipta dalam arti jamak...berarti saya juga jamak...lebih dari satu....bagaimana itu mungkin??

Sebenarnya saya ini ada berapa?? Saya kan cuma satu.....dengan tubuh jasmani saya....saya hanya satu....bukan jamak.....apakah Firman Tuhan itu salah tulis???

Sesungguhnya Firman Tuhan selalu Ya dan Amin....tidak pernah meleset....!!!

Karena saya memang satu TAPI saya juga lebih dari satu.....ada berapa??? Jawabnya Tiga.....jadi saya ini tritunggal juga....dan semua manusia juga tritunggal...bagaimana penjelasannya??

Seperti telah dipahami oleh semua orang bahwa manusia terdiri dari roh, jiwa dan tubuh......namun ketiga unsur tersebut melebur menjadi satu yaitu manusia.....

Berbeda dengan hewan maupun tumbuh-tumbuhan, mereka hanya terdiri dari tubuh jasmani dan jiwa.

Hewan dan tumbuh-tumbuhan dapat merasakan kasih sayang dan kebencian dari lingkungannya. Mereka akan tumbuh sehat dan segar bila dirawat dengan kasih sayang. Sebaliknya bila mereka tidak mendapat kasih sayang, maka mereka akan tumbuh secara tidak sehat, baik tubuhnya maupun jiwanya.

Bagaimana dengan mahkluk ciptaan Tuhan lainnya, seperti malaikat, setan, kuntilanak, dan sejenisnya. Menurut hemat saya, mereka juga bukan ciptaan Tuhan yang sempurna, karena mereka hanya terdiri dari 2 unsur yaitu roh dan jiwa. Mereka tidak memiliki tubuh jasmani....

Jelas, manusia diciptakan lebih tinggi dibanding dengan ciptaan Tuhan lainnya, bahkan malaikat sekalipun. Hal ini dijelaskan oleh kesaksian rasul Paulus dalam suratnya di Ibrani 1:14, yang bunyinya: ”Bukankah mereka (para malaikat) semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka (manusia) yang harus memperoleh keselamatan?”

Berdasarkan penjelasan diatas, maka karena manusia adalah gambar dan rupa Allah Pencipta, maka saya yakin kalau Allah Pencipta juga terdiri dari Roh, Spirit and Body......ROH adalah BAPA; SPIRIT adalah Roh Kudus dan BODY adalah The SON, Tuhan Yesus Kristus yg telah bangkit dari kematian jasmaniNya.

Jadi, untuk memahami ke Tritunggalan Tuhan, cukup memahami ke tritunggalan manusia yaitu roh, jiwa dan tubuh jasmani manusia......simple bukan???

Oleh: Andreas H. Purwadi

Sumber: http://www.im-777.com/artikel/theology/tri-tunggal-maha-kudus

Comments
Add NewSearch
Corry karangan - Allah Tri Tunggal   | 18-07-2013 04:36:30
Allah Tri Tunggal sangat ajaib :kiss:
Anonymous   | 30-07-2013 00:58:14
Haleluyah, menambah wawasan hri ini, ma kasih Tuhan memberkati
Vincencius - Masalah Tritinggal   | 03-10-2013 23:05:15
Shalom ,

Mohon ulasan atas pengertian Tritinggal lebih
dipertajam krn kurang dapat dijadikan bahan
kesaksian .
handrianto - command kalimat khotbah   | 31-10-2013 19:26:17
setan terdiri unsur roh dan jiwa, bukan berarti itu ciptaan Tuhan yg tdk sempurna.
manusia terdiri 3 unsur roh jiwa dan tubuh sempurna seturut gambar Allah.
Menurut saya tidak ada ciptaan Tuhan yang tidak sempurna, semua sempurna adanya.
manusia setelah meninggal juga hanya punya 2 unsur yaitu roh dan jiwa. Apa manusia menjadi tidak sempurna setelah meninggal.
Kan Allah sebelum Yesus lahir juga Roh dan Jiwa adanya.
Pemahaman dan penafsiran saya ini apakah juga sesuai dengan pemahaman bapak
mohon tanggapannya
Anonymous   | 18-10-2014 10:30:39
Tentang Tritunggal

Anda mungkin bingung dengan istilah Bapa, Anak Allah dan Roh Kudus. Mari kita coba memahaminya.
Allah adalah Pribadi Maha Cerdas. Pribadi Maha Cerdas ini tentu memiliki pikiran/akal, Dia berpikir. Hasil pikiran Allah Maha Cerdas ini terwujud dalam Firman/Kalimat Allah, baik lisan oleh para nabi maupun tulisan dalam kitab suci.
Yesus Kristus/Isa Al Masih adalah Firman/Kalimat Allah yang menjelma sebagai manusia. Dengan kemahakuasaan Allah, FirmanNya menjelma jadi manusia dalam diri Yesus. Dengan tindakan ini Allah langsung berfirman kepada manusia, tanpa pengantara. Dengan tindakan ini juga Allah menggantikan kita sebagai korban atas dosa kita. Firman Allah yang menjadi manusia ini secara rohani kita sebut sebagai Anak Allah, karena Firman itu merupakan hasil/anak pikiran Allah. Tentu kita tak bisa memisahkan antara pikiran Allah dan FirmanNya. Keduanya adalah satu kesatuan. Allah yang berpikir adalah Allah yang berfirman
Johanes Sudarsiman - Trinitas sebuah konsep untuk m   | 27-11-2015 07:15:57
Nyuwun sewu Bapak Ibu yang saya hormati, Trinitas yang disebut dalam Matius: 28:19-20 adalah sebuah konsep yang digunakan Tuhan YAHWEH untuk menyelamatkan umat manusia dari kematian karena dosa menuju pada kehidupan yang kekal oleh darah Tuhan Yesus (Markus 16:16) , Trinitas bukan konsep ketuhanan, sedangkan konsep ketuhanan adalah Tuhan yang bernama YAHWEH yang disembah oleh Abraham, Ishak, Yakub, . . . bangsa Israel adalah Tuhan yang Esa silahkan baca Kejadian: 1:2, Ulangan: 6:4, Maleakhi: 2:15, I Timotius: 1:17, I Korintus: 8:4, I Korintus: 8:6, Yohanes: 5:44, Markus: 12:29, Lebih jelas silakan download website di google ketik: kebenaran-trinitas.com
Write comment
Name:
Subject:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Security Image
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
 
< Prev   Next >